Oleh: edjaya | 3 November 2008

Sakit Punggung

Sakit pada punggung menyerang hampir pada hampir semua kehamilan.  Sakit punggung yang dibiarkan berkepanjangan bisa berakibat buruk pada aktivitas sehari-hari, kesulitan tidur dan menimbulkan gejala-gejala sakit ringan yang seharusnya tidak terjadi. Tetapi ada beberapa cara untuk mengatasi keluhan ini.

Gejala sakit punggung yang terjadi biasanya mencakup 3 jenis yakni :

  1. Sakit pada saat mau duduk ataupun berdiri dari duduk anda yang lama
  2. Sakit pada bagian belakang kandungan daerah bokong
  3. Sakit pada malam hari/tidur

Sakit ini terjadi karena perubahan postur tubuh, berat badan dan perubahan hormon. Pada saat berat badan anda meningkat, pusat gravitasi dari badan anda menjadi agak maju, otomatis untuk mengimbanginya, punggung bagian atas sekitar bahu mundur kebelakang sedikit, hal inilah yang membuat sakit pada punggung saat hamil. Rongga perut yang membesar guna menyediakan ruang bagi pertumbuhan bayi juga mengakibatkan kurangnya stabilitas pada tulang belakang. Inilah yang menyebankan ketidaknyamanan pada punggung.

Beberapa cara mengurangi rasa sakit pada punggung :

  • Memakai sepatu ber hak rendah
  • Posisikan tubuh dengan benar dan senyaman mungkin, jangan memaksa tubuh anda untuk berdiri tegak, bentuk tubuh yang agak ‘lain’ adalah lumrah, jadi tidak perlu jaga image tubuh untuk seperti sebelum masa hamil.
  • Jangan mengangkat barang-barang yang berat, jika mengangkat sesuatu, gunakan tenaga dari kaki dan lutut, jangan menggunakan punggung, bisa berakibat fatal
  • Usahakan berdiri dan duduk tidak terlalu lama
  • Tidur lah dengan posisi menyamping kiri atau ke kanan
  • Bertanya pada dokter senam ataupun posisi yang bagaimana harus dilakukan, karena mereka lebih tahu kondisi tubuh anda.

Jika sakit punggung tidak kunjung membaik, sampai menyebabkan demam, rasa dingin dan sakit, kemungkinan ada komplikasi penyakit misalnya infeksi pada ginjal, hubungilah segera dokter anda untuk mendapatkan cara penanggulangan yang benar.

Sekedar informasi, terjadi infeksi pada ginjal kebanyakan di sebabkan oleh karena bakteri dari feses, yang merupakan infeksi lanjutan dari saluran kemih karena bakteri yang berasal dari feses tadi. Untuk mencegahnya, setelah siap buang air besar, bersihkan anus/dubur dari arah depan ke belakang bukan sebaliknya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: